Kelebihan dan Kekurangan Sistem Administrasi Kepegawaian

 SISTEM ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN




Di artikel lainnya, saya sudah menjelaskan arti dan contoh dari 3 sistem administrasi kepegawaian, yaitu Integrated system, Separated system, dan Unified system. bisa dibaca disini

Kali ini, saya akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem administrasi kepegawian, check this out.

1. Kelebihan

  • Integrated system : 
            1. Kantor cabang tidak perlu merekrut karyawan

            2. Memudahkan suatu Perusahaan dalam menjalani misi dan visinya

            3. Segalanya dilakukan secara menyeluruh tanpa perbedaan
            4. Mengurangi resiko penyalahgunaan keuangan  (misalnya biaya rekrutmen )
            5. Jenjang karir bagi pegawai luas

  • Separated system :

  1. Pengontrolan dapat berjalan dengan baik dan mudah
  2. Adanya prioritas bagi penduduk sekitar menjadi pegawai dan adanya keterkaitan moral dengan daerah sekitar
  3. Perekrutan karyawan lebih sesuai kebutuhan kantor daerah/cabang
  4. Lebih mudah untuk proses pengambilan keputusan
  • Unified system :
  1. Perusahaan, baik pusat ataupun cabang tidak repot mengurusi adm kepegawaian secara menyeluruh, karena sebagian besar di handle perusahaan outsourcing/pihak ketiga
  2. Mengurangi resiko penyalahgunaan keuangan  (misalnya biaya rekrutmen)

2.  Kelemahan

  • Integrated system :

  1. Rekrutmen calon pegawai yang dilakukan pusat belum tentu sesuai kriteria dan kebutuhan daerah
  2. Pengambilan keputusan lamban oleh daerah terkait tenaga kerja kerja karena segalanya diatur pusat

  • Separated system :
  1. Pengambilan keputusan lamban karena segalanya diatur dan diputuskan kantor pusat
  2. Jenjang karir pegawai tidak luas
  3. Kantor cabang cukup repot karena harus melakukan rekrutment mandiri
  4. Visi Misi perusahaan mungkin tidak akan berjalan mulus karena dihandle cabang masing-masing wewenangnya
  • Unified system :
  1. Rekrutmen calon pegawai yang dilakukan pihak ketiga belum tentu sesuai kebutuhan kantor pusat dan cabang
  2. Kantor pusat dan cabang tidak bisa leluasa memperlakukan pegawai yang direkrut dari pihak ketiga, karena terdapat perjanjian antar perusahaan terkait tenaga kerja yang bersangkutan
  3. Bagi tenaga kerja kurang mendapat kepastian kerja, karena sistem kontrak
  4. Sistem pembayaran gaji tenaga kerja bisa dipotong beberapa % 

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing Sistem Administrasi Kepegawaian yaa, Apabila ada yang kurang dan perlu ditambahkan dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan cantumkan di kolom komentar yaa, terimakasih .


Silahkan baca juga ---> Materi Kearsipan & Jabatan Uraian Pekerjaan Adm Umum

Posting Komentar

0 Komentar