Persyaratan Kepribadian Personil Administrasi

    Dalam mengarungi dunia kerja, skill saja ternyata tidak cukup untuk meyakinkan diri kita layak diterima bekerja di sebuah perusahaan. Karena sejatinya, skill masih bisa di asah, dikembangkan, namun jika karakter dalam diri serta kepribadian seseorang sudah tidak masuk kriteria perusahaan, maka se tinggi apapun skillnya pasti akan tersingkir.

    Maka itu, disini saya akan berikan beberapa syarat penting yang saya adopsi dari sumber buku belajar yaitu karangan Sri Endang, penerbit erlangga yang berjudul " Administrasi Umum C1".

Syarat-syarat kepribadian yang diperlukan oleh seorang personil administrasi atau jabatan lainnya adalah sebagai berikut :

1. Loyalitas, 



yaitu kesetiaan seorang pegawai terhadap perusahaan dan pekerjaannya sehingga tercipta sense of belonging, atau rasa memiliki dan saling menjaga. Selain itu, loyalitas juga menumbuhkan motivasi bagi pegawai untuk terus membela nama baik perusahaan kapan pun dan dimanapun ia berada.


2. Tekun dan Rajin, 



yaitu sebagai pegawai sudah semestinya setiap tugas dan pekerjaan yang diberikan selalu dikerjakan dengan sungguh-sungguh, cermat dan teliti. Apabila penanganan pekerjaan tidak dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh, kemungkinan besar pekerjaan tersebut tidak dapat selesai dengan baik. Akibatnya, hal tersebut turut membawa kerugian bagi perusahaan dan juga merusak nama baik serta kinerja pegawai itu sendiri.


3. Kesabaran


Sabar tidak selalu diidentikkan dengan lamban. Sabar sebagai syarat kepribadian personel administrasi bermakna teliti dalam pekerjaan, tidak cepat putus asa ketika menemukan kesulitan, serta ulet dalam melaksanakan setiap pekerjaan yang diberikan kepadanya dan bisa mengontrol emosi ketika kondisi kantor ataupun rekan kantor sedang tidak bersahabat. Karena jika tidak sabar dan tidak bisa mengontrol emosi, akan sangat membahayakan kelangsungan diri sendiri dan juga perusahaan.


4. Kerapihan


Seorang personel administrasi harus memiliki sikap rapih, yakni dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tertata rapi, dan tidak berantakan atau acak-acakan. Kerapian seorang personel administrasi tidak hanya terkait masalah pekerjaan, tetapi juga lingkungan tempat kerja dan hal-hal yang bersifat fisik, seperti cara berpakaian. Sikap santun dan bahasa tubuh yang tepat saat menghadapi klien atau tamu juga dapat dikategorikan sebagai nilai kerapian personel administrasi.


5. Dapat menyimpan rahasia


Seorang personel administrasi yang baik dan bertanggung jawab adalah personel yang dapat menjaga dan menyimpan rahasia perusahaan. Kebocoran rahasia perusahaan dapat menimbulkan kerugian besar, baik bagi perusahaan maupun pihak yang membocorkan, terlebih jika kebocoran tersebut sampai diketahui oleh perusahaan pesaing.


Nah jadi itu yaa beberapa point penting yang mungkin menjadi pertimbangan perusahaan-perusahaan dalam menerima pegawai baru untuk menjadi bagian dan bekerja di perusahaannya. Tak salah ya jika ada yang mengatakan bahwa "ADAB DAHULU, BARU ILMU".


Baca juga mengenai  "Persyaratan Untuk Menjadi Personil Administrasi "

Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar