Prinsip - Prinsip Organisasi Kantor

PRINSIP PRINSIP ORGANISASI KANTOR





A. ORGANISASI

Sebelum kita membahas apa saja prinsip-prinsip organisasi, mari kita pelajari dulu apa itu organisasi???

Nah, organisasi itu sendiri adalah kumpulan beberapa orang yang bersama-sama memiliki tujuan yang sama, saling bekerja sama untuk mencapai tujuannya, dan biasanya terdapat struktur kepengurusan dan pembagian tugas yang jelas.

B.  PRINSIP - PRINSIP ORGANISASI

Drs. M. Manullang, salah seorang ahli di bidang manajemen dan organisasi, menyebutkan bahwa suatu organisasi dapat berjalan dengan baik, atau dalam rangka membentuk suatu organisasi atau usaha organisasi yang baik, jika memperhatikan beberapa prinsip-prinsip organisasi berikut.

1. Prinsip Perumusan Tujuan


Dalam melaksanakan suatu kegiatan, hal utama yang harus dibuat adalah tujuan yang jelas dari pelaksanaan kegiatan tersebut. Demikian pula dalam mengorganisasi atau membuat suatu skema organisasi, hal pertama yang harus jelas adalah tujuan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Bagi sebuah perusahaan. Tujuan tersebut dapat berperan sebagai berikut :

a. Pedoman arah organisasi itu akan dibawa

b. Landasan organisasi

c. Menentukan jenis kegiatan yang akan dilakukan.

d. Menentukan program, prosedur, koordinasi, integrasi, simplikasi, sinkronisasi, dan mekanisasi

 

2. Prinsip Pembagian Kerja



Di dalam sebuah organisasi, pembagian kerja atau tugas adalah keharusan mutlak. Tanpa adanya hal tersebut, kemungkinan terjadinya tumpang tindih menjadi amat besar. Pembagian tugas pekerjaan pada akhirnya akan menghasilkan departemen/bagian yang ada dikantor akan menjadi jelas dalam mengerjakan suatu pekerjaan, dan hal ini sering disebut juga sebagai "Job description".

 

3. Prinsip Pendelegasian kekuasaan/Wewenang



        Dalam pelaksanaan kegiatan, setiap pimpinan harus memperoleh delegasi kekuasaan atau wewenang yang diperlukan atau kekuasaan mempunyai beberapa aspek, antara lain dalam agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Wewenang hal mengambil keputusan, menggunakan peralatan, memerintah, dan pemakaian waktu tertentu. Delegasi kekuasaan merupakan keahlian pimpinan yang penting karena seorang pimpinan dapat melipatgandakan waktu, perhatian, dan pengetahuannya yang terbatas. Delegasi kekuasaan merupakan salah satu jalan utama bagi pemimpin dalam membuktikan bahwa ia layak dan dapat dipercaya sebagai pimpinan

 

4. Rentang Manajemen



        Prinsip ini sering kali disebut dengan jenjang pengawasan, jenjang kekuasaan, dan rentang manajemen Sebuah organisasi perlu memperhatikan efektivitas dan efisiensi seorang pemimpin Efektivitas dan efisiensi tersebut dinilai melalui kemampuan dalam melakukan pengawasan optimal terhadap sejumlah pegawai yang menjadi bawahannya. Melalui prinsip ini, dapat diketahui berapa jumlah pegawai yang tepat, dalam artian memiliki kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan bidangnya untuk menjadi bawahan seseorang pemimpin. Dengan demikian, pemimpin tersebut dikatakan dapat memimpin, membimbing, mengawasi dengan berhasil, dan berdaya guna.

 

5. Tingkat Pengawasan



Berjalannya sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, harus dipastikan dengan selalu menjalankan sistem pengawasan/controlling. Tanpa adanya pengawasan, akan sulit bagi organisasi untuk mencapai tujuan. Pengawasan dalam hal ketuntasan bekerja, disiplin, ketepatan bekerja, sampai dengan penampilan dalam bekerja sangatlah penting guna sebuah organisasi berjalan dengan baik.

 

6.  Kesatuan Perintah dan Tanggung Jawab



Dalam sebuah organisasi, seorang bawahan biasanya mempunyai atasan. Melalui atasan tersebut, ia menerima perintah dan kepada atasan tersebut pula ia memberikan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugasnya. Artinya, seorang bawahan hanya mempunyai seorang atasan. Dengan kata lain, tidak seorang pun dapat melayani dua atasan sekaligus

 

7. Koordinasi



        Prinsip yang tidak kalah pentingnya dalam organisasi adalah prinsip koordinasi. Prinsip koordinasi adalah usaha mengarahkan, berkomunikasi, dan bekerjasama terkait kegiatan seluruh unit-unit organisasi agar tertuju pada pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Adanya pembagian tugas kepada unit-unit kerja terkadang tanpa disadari menimbulkan kecenderungan untuk memisahkan dan tujuan organisasi secara keseluruhan. Untuk itu, koordinasi diperlukan agar terhindar dari konflik, dengan mengurangi duplikasi tugas, mengurangi pengangguran, dan memperkuat kerja sama.

Nah itulah 7 Prinsip-prinsip yang harus dimiliki dan ada di setiap organisasi, guna mempermudah mencapai tujuan.

Baca juga mengenai Bentuk-Bentuk Organisasi disini yaa

Terimakasih, semoga bermanfaat :)


Posting Komentar

0 Komentar