Bentuk - Bentuk Organisasi

 

Bentuk - Bentuk organisasi


1. Organisasi Garis/Lini


Dalam bentuk ini, organisasi dibagi ke dalam unit-unit kerja pada tingkat atau jenjang yang diperlukan. Wewenang dari tersebut dapat terancam jatuh atau bahkan hancur. Pucuk pimpinan mengalir langsung kepada para pemimpin unit pada tata jenjang organisasi. Setiap pemimpin unit memegang wewenang dan tanggung jawab penuh terhadap bidang kerja unitnya. Semua pegawai pada unit tersebut menerima instruksi dan petunjuk langsung dari pimpinan unit dan langsung mempertanggungjawabkannya.

Pada bentuk organisasi garis/lini, lalu lintas wewenang dan tanggung jawab berjalan secara lurus dan vertikal melalui saluran tunggal sehingga bentuk struktur organisasinya lebih sederhana

 

Kelebihan dari bentuk organisasi garis/lini adalah sebagai berikut  :

a.) Kesatuan perintah lebih terjamin karena pimpinan berada pada satu tangan

b. Proses pengambilan keputusan dapat berjalan lebih cepat,

c. Rasa kesetiakawanan antar pegawai lebih tinggi karena lebih saling kenal

 

Sementara itu, kekurangan dari bentuk organisasi garis/lini sbg berikut :

a. Seluruh organisasi sangat bergantung pada satu orang. Jika pimpinan tidak mampu memimpin kelangsungan organisasi tsb dapat hancur

b. Biasanya pimpinan cenderung otoriter

c. Pegawai lebih sulit untuk berkembang

 
2. Organisasi Garis dan Staf



Pada organisasi garis dan staf, pimpinan organisasi mengangkat tenaga staf untuk membantu pelaksanaan semua pekerjaan yang sangat luas. Pada bentuk ini, unit-unit organisasi disusun menurut bentuk lurus/garis, tetapi pada unit pimpinan, ditambah tenaga staf sebagai tenaga ahli perorangan atau suatu unit khusus yang bertugas memberikan bantuan bantuan keahlian kepada pimpinan organisasi Kelebihan dari bentuk organisasi garis dan staf adalah sebagai berikut :

a. Memudahkan untuk pengambilan keputusan yang tepat karena adanya staf ahli

b. Cocok digunakan untuk organisasi besar yang memiliki tugas dan tujuan yang luas

c. Lebih mudah untuk menerapkan konsep the right man on the right place

 

Sementara itu, kekurangan dari struktur organisasi garis dan staf adalah sebagai berikut

a. Kesetiakawanan antarpegawai sulit dibina karena luasnya organisasi sehingga karyawan tidak saling mengenal.

b. Koordinasi sulit dilakukan karena rumitnya susunan organisasi.

 
3. Organisasi Fungsional


Pada organisasi fungsional, seorang pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas. Hal ini karena setiap pimpinan

berwenang memberikan perintah kepada setiap bawahan jika ada hubungannya dengan fungsi pimpinan tersebut. Spesialisasi setiap bawahan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin, tetapi sulit untuk melakukan tour of duty (perputaran

pekerjaan)

 

Kelebihan dari bentuk organisasi fungsional adalah sebagai

berikut.

a. Pembagian tugas-tugas menjadi lebih jelas.

b. Spesialisasi pegawai lebih dapat dikembangkan

c. spesialisasi pegawai dapat dimanfaatkan lebih maksimal karena dipegang oleh ahli dibidangnya

 

kekurangan :

a. sulit untuk tour of duty karena pegawai telah sesuai bidangnya

b. pegawai sulit melakukan koordinasi karena lebih mementingkan spesialisasi nya

c. tdk ada kesatuan perintah karena pegawai menerima perintah dari beberapa atasan yang sama2 punya kekuasaan


Baca juga mengenai Prinsip-Prinsip Organisasi disini yaa


Terimakasih, semoga bemanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar