HOW TO BE GREAT CUSTOMER SERVICE
Customer Service menjadi mata pelajaran pilihan pada Program Keahlian Bisnis dan Manajemen, terlebih di Kurikulum Merdeka sekarang ini.
pada elemen 1, materi yang diajarkan pada mata pelajaran customer service yaitu mengenai ruang lingkup customer service itu sendiri. Ada apa aja sih ya?? Check it out!
1. Pengertian Customer Service (CS)
Customer service adalah sebuah
layanan yang ditawarkan dari perusahaan untuk para customer, baik
sebelum atau sesudah membeli produk atau jasa. Tujuan CS adalah memberikan
kenyamanan sehingga pengalaman mereka bertransaksi menjadi lebih baik dan berharap
memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
Menawarkan customer service yang baik ternyata
masih menjadi salah satu faktor utama dalam kemajuan sebuah bisnis. Customer
service juga bisa didefinisikan sebagai interaksi langsung antara
konsumen yang melakukan pembelian, dengan staf yang mewakili dari brand atau
bisnis.
Bentuk dari CS pun semakin beragam seiring berkembanganya zaman.
Jika CS dulu diasosiasikan dengan telepon, sekarang banyak sekali website yang
menawarkan layanan CS dengan chat. Tak hanya itu, CS juga bisa
dilakukan lewat email, SMS, bahkan media sosial.
2. Tugas dan Job Description Customer Service (CS)
Tugas
dan job description customer service bisa saja
berbeda-beda, tergantung pada industri dan bidang pekerjaan.
Namun, secara umum,
berikut ini tugas dan job description seorang CS menurut Glassdoor:
- Merekrut pelanggan potensial dengan cara
merekomendasikan barang atau jasa dan menjelaskan bagaimana produk
perusahaan dapat menguntungkan mereka.
- Menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki
pelanggan tentang produk dan layanan perusahaan.
- Membantu pelanggan membuat akun baru dan mencatat
informasi akun dalam bentuk tertulis atau digital.
- Mendengarkan keluhan pelanggan agar dapat
mengidentifikasi penyebab masalah.
- Memberikan tanggapan yang tepat untuk masalah pelanggan
dan berusaha menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.
- Menyampaikan kasus ke manajemen apabila diperlukan
untuk penyelesaian.
- Mengelola dan memperbarui informasi akun keuangan
secara rutin menggunakan software tertentu.
- Mengantisipasi kebutuhan pelanggan, menindaklanjuti
keluhan pelanggan sebelumnya untuk menawarkan pemesanan ulang, layanan
tambahan, atau solusi lainnya.
3. Pentingnya Customer Service (CS)
Dilansir dari Hubspot, ada beberapa alasan
sebuah bisnis sangat perlu mengedepankan customer service, di antaranya
adalah:
1. Customer service adalah presentasi dari brand image
Untuk menciptakan brand image yang baik, tak
cukup untuk menampilkannya dari segi fisik seperti packaging atau
sekadar konten media sosial. Sebuah brand atau perusahaan
harus memiliki tim customer service demi berkomunikasi
langsung kepada para pelanggan.
Maka dari itu, tim CS harus benar-benar dilatih karena memiliki
tanggung jawab besar sebagai perwakilan dari perusahaan. Dengan adanya CS,
perusahaan juga mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh para customer dan
ekspektasi apa yang harus dipenuhi oleh perusahaan atau brand.
2. Menghasilkan customer yang bahagia
Tahukah kamu? Tim CS yang bahagia ternyata juga menghasilkan customer yang
bahagia, lho! Maka dari itu, tugas utama perusahaan sebenarnya juga adalah
membuat tim customer service bahagia. Hal tersebut akan
berdampak pada kepuasan pelanggan. Tanggung jawab dari
tim CS dapat dikatakan cukup berat, untuk melayani dan juga untuk menghadapi
komplain dari para customer.
Memberikan pelatihan kepada tim CS untuk selalu profesional bisa mejadi salah satu solusi untuk memiliki tim CS yang baik. Jika semua sudah tercapai, customer juga pasti akan merasa senang. Jika sudah begitu, kesempatan mendapatkan customer baru pun juga semakin besar. Hal ini karena pelanggan yang puas akan menyebarkan kabar tentang layanan yang baik dari mulut ke mulut.
3. Customer loyalty
Salah satu faktor customer akan kembali atau
mengulang pembelian adalah tim CS yang baik, responsif, dan solutif. CS dapat
dikatakan menjadi jembatan hubungan antara perusahaan dan customer.
Dengan pengalaman yang menyenangkan dari pelayanan tim CS, tak ada alasan customer untuk
mencari brand lain. Biasanya customer tak
masalah dengan harga yang lebih mahal jika pelayanannya sangat baik.
4. Masukan bermanfaat untuk perusahaan atau brand
Tim CS bertanggung jawab untuk menegetahui semua detil dari brand atau
perusahaan di tempat mereka bekerja agar dapat memberikan solusi kepada
para customer. Dengan pekerjaan mereka yang selalu berhubungan
dengan para customer, tim CS bisa memberikan juga solusi dari
masalah yang customer hadapi. Tak hanya itu, tim CS juga bisa memberikan
masukan bagi brand berdasarkan data yang dikumpulkan dari customer. Dengan
begitu, perusahaan atau brand dapat berbenah diri untuk memenuhi ekspektasi dan
kebutuhan pasar.
Materi ini saya menggunakan referensi dari website Glints.com, terimakasih :)
0 Komentar